Perancangan dan Implementasi Model Sistem Informasi untuk Sekolah di Kecamatan Pasawahan


Merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan skema kolaborasi internal antara Fakultas Informatika dan Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom. Fokus kegiatan ini adalah membuat sebuah sistem informasi sekolah yang nantinya membantu sekolah di kecamatan Pasawahan untuk melakukan manajement data siswa. Perancangan Prototype Sistem Informasi Sekolah ini berkerja sama dengan salah satu sekolah di daerah tersebut. Sekolah yang berkerja sama dengan Universitas Telkom adalah SDN Cidahu Purwakarta. Sistem Informsi Sekolah ini nantinya kita akan beri nama Sistem informasi Edukasi (SIDU)

Sistem informasi memiliki peranan sangat penting dalam mengelola data pada suatu organisasi. Penggunaaan sistem informasi ini dapat membuat kinerja suatu organisasi menjadi lebih efisien. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini kita akan melakukan implementasi sistem informasi ke sebuah sekolah. Sistem informasi yang dibangun ini nantinya akam memudahkan pihak sekolah dalam melakukan pengolahan data siswa. Sistem informasi ini juga akan mampu menyimpan data nilai siswa selama bersekolah. Nilai siswa pada sekolah tersebut dapat langsung dicetak menjadi sebuah rapor. Sistem informasi ini nantiya akan digabungkan dengan website sekolah, sehingga untuk login kedalam sistem informasi ini maka staf/guru harus login melalui menu yang ada pada website. Sekolah yang nantinya akan dibuatkan sistem informasinya adalah SDN Cidahu yang terletak di kabupaten Purwakarta kecamatan Pasawahan. Ada beberapa tahapan yang nantinya dilakukan dalam pembuatan sistem informasi tersebut. Dimulai dari tahap analisis, perancangan, implementasi hingga sosialisasi sistem informasi

Implementasi sistem informasi sekolah ini diberi nama sistem informasi edukasi (SIDU). Sidu ini nantinya akan diimplementasikan di SDN Cidahu Purwakarta. Website sokolah tersebut dapat diakses di http://sdncidahupurwakarta.sch.id/ diwebsite tersebut user dapat login kedalam sistem informasi manajemen sekolah. Berikut screenshot dari website dan sistem manajemen data yang telah dibuat:

Proses sosialisasi sistem informasi yang dibuat ini dilakukan pada tanggal 7 Juli 2020 pukul 09:00 -12:00 di SDN Cidahu Purwakarta. Tujuannya adalah mengenalkan Sistem informasi Edukasi (SIDU) yang terdiri dari website sekolah dan sistem informasi manajemen data kepada staf dan Guru disana.

Hasil perancangan sistem informasi sudah sesuai dengan kebutuhan SDN Cidahu purwakarta. Dimana sekolah saat ini memiliki website yang terintegrasi dengan sistem manajemen data siswa. Dengan adanya sistem informasi ini nantinya akan memudahkan staf/guru dalam menyimpan dan mengakses data siswa. Disamping itu data siswa akan tersimpan secara online. Guru juga dapat mencetak nilai siswa secara langsung berdasarkan data nilai yang sudah diisi. Berdasarkan feedback yang diberikan, terlihat bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini sudah sesuai dengan harapan guru dan staf.
Untuk kedepannya sistem informasi ini dapat dikembangkan sehingga siswa ataupun orang tua dapat mengakses nilai rapor yang tersimpan secara online. Selain itu dapat juga melakukan integrasi dengan sistem pembelajaran seperti moodle.


Leave a Reply